Olahraga Untuk Diabetes

Apa Peran Olahraga dalam pengelolaan diabetes?  

Olahraga Untuk Diabetes olahraga yang teratur berperan sangat penting dalam pengolaan diabetes. Ini karena sejumlah manfaat utama berikut ini:

  • Olahraga membantu membakar kalori dan karenanya membantu menurunkan berat badan.Olahraga yang teratur bisa mempertahankan berat badan yang bisa diterima.
  • Olahraga yang teratur bisa meningkatkan jumlah reseptor pada dinding sel dimana insulin bisa melekatkan dirinya. Pada gilirannya hal ini bisa menyebabkan meningkatnya penggunaan glukosa oleh sel-sel untuk kebutuhan energinya.
  • Olahraga memperbaiki peredaran darah dan menjaga kondisi otot-otot jantung.
  • Olahraga meningkatkan kolesterol yang baik dan mengurangi koleterol yang jahat.
  • Olahraga yang teratur dapat membantu meredahkan kegelisahan, stress,dan ketenangan maka olahraga dapat memberikan rasa kesejahteraan.

 

Memulai suatu rutinitas olahraga

Olahraga Untuk Diabetes ini karena jenis olahraga atau durasi olahraga yang salah dapat berbahaya. Sebagai contoh, jika anda menggunakan insulin, olahraga apapun dimana kadar Gula Darah yang rendah bisa berbahaya, perlu dihindari. Hari ini mencakup kegiatan menyelam, mendaki gunung, balap motor, berlayar atau ruang jeram, dan lain-lain. Demikianlah pula, jika retina mata anda rusak, olahraga serta seperti joging bisa meningkatkan risiko perdarahan pada mata dan mengakibatkan hilangnya penghlihatan.

Pengidap penyakit jantung, terutama mereka menderita diabetes yang tidak tergantung pada insulin perlu berkonsultasi dengan dokter dan kardiolog mereka sebelum memulai rutinitas olahraga apapun. Mereka akan merekomendasikan olahraga dengan risiko terkecil terhadap kerusakan lebih lanjut pada jantung, dan yang memperbaiki serta menjaga fungsi otot-otot jantung. Demikianlah pula, orang dengan kerusakan pada saraf kaki berisiko paling tinggi mengalami cedera pada kaki dan karenanya perlu olahraga dengan sepatu yang nyaman dan dengan ukuran tepat.

Panduan Umum

Anda dianjurkan untuk mengikuti panduan berikut:  

  • Sebisa mungkin, berolahragalah setiap hari
  • Anda tidak perlu menjalani olahraga yang sangat melelahkan seperti joging. Bahkan olahraga sederhana seperti berjalan kaki akan menolong membakar cukup banyak kalori.
  • Mintalah bantuan dokter untuk merencanakan olahraga yang paling cocok dengan kebutuhan dan kebugaran tubuh anda.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan berukuran tepat guna melindungi seluruh kaki anda.
  • Hindari berolahraga pada suhu yang sangat pana dan dingin.
  • Periksalah kaki anda untuk mengetahui ada atau tidaknya cedera setelah berolahraga setiap hari.
  • Hindari berolahraga ketika kadar gula darah sedang tidak terkendali dengan baik.

Kapan insulin direkomendasikan bagi pengelolaan diabetes yang tidak tergantung pada insulin?

Jika diabetes yang tidak tergantung pada insulin tidak terkendali secara efektif oleh solfonilurea, dokter anda kemungkinan besar akan menganjurkan penambahan metroformin atau memulai terapi insulin. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa kombinasi insulin intermediate-acting dan short-acting yang diberikan sebelum makan pagi dan makan malam efektif bagi orang yang tidak berespons secara memuaskan terhadap penegobatan dengan sulfonilurea.

Ada beberapa pilihan bagi regimen insulin dalam pengelolaan diabetes yang tidak tergantung pada insulin.Pilihan-pilihan ini bisa diberikan secara terpisah atau dikombimasikan denagnb obat-obatan oral. Pilihan utamanya mencakup:

  • Insulin pre-mixed, short-acting, intermediate-acting dua kali sehari.
  • Suntikan insulin berganda (short-acting insulin sebelum jam makan dan insulin NPH sebelum tidur).
  • Kombinasi insulin NPH pada pagi hari dan sebelum tidur, dan obat-obatan oral seperti sulfonilurea pada siang hari.

Umumnya, sekitar 60% dari jumlah total dosis insulin diberikan pada pagi hari dan sekitar 40% sebelum makan malam. Namun , dokter anda mungkin menyesuaikan dosis itu dengan usia,berat badan, kebiasaan makan, dan lain-lain.

Pemantauan kadar glukosa darah di rumah sangat penting bagi terapi insulin.Dokter anda kemungkinan besar meminta anda untuk mengukur kadar gula darah. Anda sebelum sarapan, sebelum makan siang, sebelum makan malam, dan sebelum tidur setidaknya dua kali seminggu.

Kapan Seharusnya kadar gula darah diperiksa?

Pemeriksaan Gula Darah dianjurkan dilakukan setidaknya tiga kali sehari, terutama ketika dosis insulin dan obat-obatan harus disesuaikan adalah sebelum makan,sebelum tidur, dan satu atau dua jam sebelum makan. Dokter anda mungkin juga meminta anda untuk memeriksa kadar gula darah sekitar sekitar pukul 02.00 setidaknya sekali seminggu. Anda juga perlu memriksa kadar gula darah ketika anda sakit, setelah mengubah olahraga, atau setelah kehilangan/ bertambah berat badan, ketika anda mencurigai adanya kadar gula darah yang rendah.

 


=====================================

>>> Obat Kencing Manis Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Kencing Manis, Membantu Menurunkan Kencing Manis Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kencing Manis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *