Kencing Manis

Kencing manis adalah bahasa awam dari diabetes mellitus. Penyakit ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat karena dampaknya sangat mengerikan. Stroke, serangan jantung, kaki teramputasi, bahkan kebutaan bisa timbul akibat penyakit ini.

Penyakit yang juga disebut sebagai penyakit gula ini memang umum terjadi dimasyarakat. Namun, masih sedikit mereka yang paham mengenai penyakit ini. Diabetes Mellitus (DM) diartikan sebagai gangguan metabolic yang ditandai dengan kenaikan kadar gula di dalam darah. Mengapa bisa terjadi kenaikan kadar gula dalam darah? Ada dua penyebab utamanya.

Pertama, jumlah insulin terlalu sedikit di dalam darah. Dan kedua, insulin jumlahnya cukup, namun tidak dapat berfungsi dengan baik. Insulin adalah hormone yang dikeluarkan oleh pancreas, yang berfungsi mengontrol kadar gula agar selalu stabil dalam darah. Adanya kelainan pada jumlah atau kualitas insulin akan berpengaruh terhadap kenaikan gula darah.

Cara Kerja Insulin dalam Darah

Betapa sempurna penciptaan-Nya, termasuk organ pengatur insulin. Pancreas adalah organ yang berperan penting dalam diabetes. Letaknya di bagian belakang sebelah bawah organ hati. Pancreas memiliki sel-sel yang berfungsi menghasilkan insulin, disebut sebagai sel Langerhans. Sel ini akan menghasilkan insulin sebagai respon kenaikan gula dalam darah. Biasanya gula darah akan meningkat beberapa saat setelah kita makan. Pancreas akan mengeluarkan insulin yang berfungsi memasukkan gula di dalam darah ke dalam sel-sel otot.

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila pancreas mengalami kerusakan, yaitu tidak bisa menghasilkan insulin. Maka gula darah akan tetap tinggi dan sel-sel otot tidak bisa mendapatkan gula sebagai sumber tenaganya.

Di lain sisi, insulin yang bagus juga berperan dalam memasukkan gula ke dalam sel otot. Apabila insulin tidak bisa berfungsi normal, maka kadar gula akan tetap tinggi di dalam darah, demikian juga sel-sel otot tidak bisa menggunakan gula sebagai sumber tenaganya.

Kenali Jenisnya

Diabetes mellitus dibagi menjadi 4 tipe yaitu :

• DM tipe 1, yakni DM yang disebabkan oleh insulin yang kurang jumlahnya dalam darah. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada pancreas, misalnya akibat penyakit autoimun sehingga pancreas tidak bisa menghasilkan jumlah insulin sebagai mana mestinya.

• DM tipe 2, yaitu DM yang disebabkan kualitas insulin yang tidak bagus, dimana insulin jumlahnya cukup namun tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Tipe inilah yag paling sering dimasyarakat.

• DM tipe lainnya, yaitu kenaikan gula darah akibat adanya penyakit yang mendasarinya. Misalnya pada penyakit hipertiroid, maka bisa terjadi kenaikan gula darah. Apabila hipertiroid diobati, maka gula darah akan kembali normal. Tipe ini juga bisa terjadi pasien yang mengkonsumsi obat-obat tertentu, misalnya steroid.

• DM tipe gestasional, yaitu kenaikan gula darah pada wanita hamil. Hal ini tidak berlaku apabila si wanita sudah mengalami DM sebelum ia hamil. Pada tipe ini, kehamilan menyebabkan kenaikan gula darah. Oleh sebab itu, wanita hamil biasanya akan menjalani skrining apakah terdapat kenaikan gula darah atau tidak, yang pemeriksaannya dilakukan pada trisemester kedua. Setelah kehamilan selesai, maka gula darah akan kembali normal.


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kencing Manis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>